Sabtu, 12 Februari 2011

Belajar Pemula dengan PHP

mengenL PHP ,yaitu  harus  menggunakan kata "Echo" dalam php, kita sudah mulai menggunakan string, tetapi tidak membicarakannya secara mendalam. Sama dengan echo, salama pembelajaran kamu di dunia PHP nanti,kamu pasti akan sangat banyak menggunakan string. Maka kita akan bahas mengenai string ini secara khusus untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik.
Pembuatan String.

Sebelum kamu dapat menggunakana sebuah string, kamu harus mengenal terlebih dahulu tentang sintak PHP!.
yaitu "<?php "Sebuah awal dari bahasa PHP yang berati pembuka untuh bagian Body.dan string dapat langsung digunakan dalam sebuah fungsi atau dapat juga disimpan terlebih dahulu dalam sebuah variabel. Dalam contoh di bawah ini, kamu bisa melihat contoh cara membuat string yang sama persis 2 kali: pertama menyimpannya dalam sebuah variabel dan kedua kita tempatkan string tersebut langsung ke dalam sebuah fungsi.
Dalam contoh kode dibawah ini, string pertama akan disimpan ke dalam sebuah variabel bernama $string_pertama, sedangkan string kedua akan langsung digunakan ke dalam fungsi echo dan tidak disimpan.
<?php
$string_pertama =  “Ini Contoh String pertama saya!”;
echo “Ini Contoh String!”;
echo $string_pertama;
?>
Ingat: kamu perlu menyimpan string kamu ke dalam variabel jika berencana untuk menggunakannya lebih dari 1 kali.
Pembuatan String dengan tanda petik tunggal.
Sampai saat ini, kita sudah membuat string dengan menggunakan tanda petik ganda, tetapi sebuah string juga dapat dibuat menggunakan tanda petik tunggal, atau juga kita kenal dengan apostrof, dengan hasil yang sama. Kamu bisa lihat contoh di bawah ini, di mana kita mencoba menulis ulang kode yang sama dengan sebelumnya menggunakan tanda petik tunggal.
Kalau kamu menggunakan tanda petik tunggal sebagai bagian sebuah string kamu harus menggunakan apa yang diistilahkan dengan escape yaitu tambahkan sebuah backslash sebelum tanda petik tunggal kamu. Kayak gini nih: \’ !
Perhatikan bahwa tanda backslash (\) tidak ikut ditampilkan. Sebagai latihan, cobalah mengedit kode di bawah dengan menghilangkan tanda backslash, dan pelajarilah error pada hasil eksekusinya. Jika suatu saat kamu menemukan error seperti itu, kamu sudah tahu apa yan gharus dilakukan.
<?php
echo ‘This site – It\’s GOOD!’;
?>
Pembuatan String dengan tanda petik ganda.
Kita sudah pernah menggunakan tanda petik ganda dan akan terus menggunakannya sebagai cara utama dalam membuat string. Tanda petik ganda memungkinakan penggunaan banyak karakter untuk di escape yang tidak bisa kamu lakukan jika kamu menggunakan tanda petik tunggal. Sekali lagi, tanda backslash kita gunakan untuk meng-escape karakter. Perhatikan contoh kode di bawah.
<?php
$BarisBaru = “Sebuah baris baru menggunakan \n”;
$return = “Sebuah carriage return \r”;
$tab = “Cara membuat tab \t”;
$dollar = “Tanda dollar dibuat dengan cara ini \$”;
$PetikGanda = “Tanda petik ganda \”";
echo $BarisBaru;
echo “<br>”;
echo $return;
echo “<br>”;
echo $tab;
echo “<br>”;
echo $dollar;
echo “<br>”;
echo $PetikGanda;
echo “<br>”;
?>
Ingat: jika kamu mencoba meng-escape karakter yang tidak perlu, seperti apostrof, maka backslash akan tetap muncul saat kamu menampilkan string yang kamu buat. Cobalah menggantikan baris terakhir dari \” menjadi \’,
Kelihatannya, karakter escape ini tidak berguna saat kamu membikin situs web karena toh HTML akan mengabaikan spasi utih (white space). Tab, baris baru dan Carriage Return adalah contoh spasi putih yang akan diabaikan HTML. Namun dmeikian, saat kamu menggunakan PHP untuk menulis ke file agar dapat dibaca oleh mata kita, maka karakter-karakter escape ini akan sangat bermanfaat!
Pembuatan Striing Menggunakan Heredoc.
Kedua metode sebelumnya merupakan metoda yang banyak digunakan dalam berbagai bahasa pemrograman. Sebagai tambahan, PHP memperkenalkan alat bantu untuk membuat string yang disebut heredoc, yang memungkinkan programmer untuk membuat string multi baris tanpa menggunakan tanda quotations. Namun demikian, pembuatan string menggunakan heredoc lebih sulit dan dapat menimbulkan masalah jika kamu tidak melakukannya dengan benar!. Perhatikan kode di bawah dan penjelasan berikut untuk mengetahui cara membuat string menggunakan heredoc.
<?php
$my_string = <<<TEST
topans.co.cc
Cara Belajar PHP!
TEST;
echo $my_string;
?>
Berikut beberapa hal yang sangat penting untuk diingat saat menggunakan heredoc.
Gunakan <<< dan sebuah identifier yang kamu pilih untuk memulai heredoc. Dalam contoh di sebelah kita menggunakan TEST sebagai identifier kita. Ulangi identifier tadi dengan diikuti tanda titik koma untuk mengakhiri heredoc. Dalam contoh adalah TEST;
Penutup heredoc TEST; tersebut harus berada dalam satu baris tersendiri dan tidak boleh di inden (harus pada kolom pertama baris)!
Hal lain yang perlu dicatat adalah saat kamu menampilkan string multi  baris ke halaman web, maka kamu tidak akan melihat adanya multi baris karena kita tidak memiliki tag HTML <br> di dalamnya. Sehingga output yang ditampilkan akan membentuk satu baris.
selamat mencoba ya...............!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar